Bermacam Manfaat Jeruk Nipis yang Sangat Berguna bagi Anda


Macam-Macam Manfaat Jeruk Nipis yang Berguna Bagi Anda!
Banyak sekali manfaat jeruk nipis yang dapat Anda berikan bagi tubuh Anda. Bukan hanya berguna sebagai penyedap makanan seperti soto atau satai, jeruk nipis ternyata memiliki manfaat pada kesehatan dan program diet Anda. Banyak sekali penyakit yang dapat dicegah oleh buah yang asam ini seperti sariawan, ambeien, penyakit gusi, diare dan sebagainya. Jeruk nipis juga dapat membantu Anda meraih kesuksesan dalam program diet Anda.

Jeruk nipis merupakan buah yang dikonsumsi oleh seluruh dunia. Macam-macam makanan yang mengandung jeruk nipis adalah permen, jelly, minuman sari jeruk nipis, cocktail, dan makanan berat. Sedangkan di Indonesia, jeruk nipis terkenal sebagai penyedap makanan seperti soto, sop, satai dan basotahu. Berbahagialah Anda bila termasuk golongan orang yang gemar atau doyan menyantap jeruk nipis karena banyaknya manfaat jeruk nipis yang dapat buah ini tawarkan.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Jeruk nipis pertama kali ditemukan di tanah India. Jeruk nipis merupakan ‘saudara’ dari tanaman lemon, dan menjadi sangat terkenal di Erops setelah buah ini dibawa ke benua tersebut. Popularitas jeruk nipis tidak hanya berhenti di situ, namun buah ini menjadi buah wajib yang dibawa sebagai perbekalan armada laut Inggris ketika berlayar pada tahun 1800an karena manfaatnya bagi kesehatan. Mari kita lihat manfaat jeruk nipis bagi kesehatan yang ia tawarkan:
  • Skorbut
Skorbut atau bahasa inggrisnya scurvy adalah penyakit karena kekurangan Vitamin C. Gejala dari penyakit skorbut adalah infeksi berulang (dengan gejala flu atau demam), bibir pecah-pecah, luka seperti sariawan di lidah dan mulut dan gusi bengkak dan berdarah. Jaman sekarang, penyakit skorbut sudah jarang kelihatan karena meningkatnya pengetahuan mengenai pentingnya Vitamin C bagi kesehatan. Namun, pada tahun 1800an, hampir semua armada dan pelaut asal Eropa yang menderita skorbut karena kurangnya asupan Vitamin C pada saat mereka berlayar. Skorbut ini pun dapat menjadi penyakit yang fatal dan serius bila tidak segera ditangani.
  • Pencernaan
Aroma dan rasa dari jeruk nipis dapat merangsang pengeluaran air liur dari mulut. Mungkin sedikit yang mengetahui bahwa air liur ini mengandung banyak enzim yang membantu proses pencernaan makanan di mulut. Kandungan asam alami yang ada di buah ini pun turut membantu lancarnya proses pencernaan dengan cara memecah makromolekul menjadi molekul yang lebih kecil dan dapat dicerna tubuh. Selain itu, Flavanoid yang ada di jeruk nipis akan membantu lambung dan liver untuk mengeluarkan asam lambung dan cairan empedu yang berperan sebagai pemecah nutrisi. Flavanoid pun berperan dalam membantu pergerakan usus.
  • Konstipasi dan Ambeien
Sifat jeruk nipis yang asam dapat membantu membersihkan usus dari kotoran yang mengendap dan mengerak. Manfaat jeruk nipis yang satu ini didapatkan dari asam yang turut memperlancar gerakan usus sehingga menyembuhkan sembelit atau konstipasi atau sulit BAB. Jeruk nipis juga dapat mengurangi rasa sakit dan perkembangan penyakit ambeien. Ini karena kandungan asam, falavnoid dan antioksidan yang terdapat pada jeruk nipis.
  • Kencing Manis
Menurut American Diabetes Association, jeruk nipis beserta buah asam lainnya dapat menjadi jenis makanan yang memberikan banyak manfaat bagi para penderita kencing manis atau diabetes. Alasan utam dari manfaat jeruk nipis bagi penyakit diabetes ialah jeruk nipis mengandung serat larut dan tidak larut yang membantu tubuh meregulasi kadar gula, dan membantu agar kadar gula tidak meningkat dengan tiba-tiba. Jeruk nipis dan buah asam lainnya juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
  • Penyakit Jantung dan Stroke
Sama seperti manfaat jeruk nipis pada diabetes, serat larut yang dikandung di dalam jeruk nipis dapat membantu membersihkan dinding pembuluh darah dari lemak dan kolesterol yang menempel di sana. Penyakit jantung dan stroke terutama banyak disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah yang disebabkan penumpukan plak kolesterol. Bila kolesterol ini dibersihkan dari pembuluh darah, maka tidak akan ada penyempitan dan Anda dapat terhindar dari penyakit jantung dan stroke.
  • Batuk
Jeruk nipis sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai obat batuk tradisional yang sangat ampuh. Manfaat jeruk nipis ini memang tidak dapat disanggah karena kemampuan jeruk nipis untuk menahan batuk, membantu sistemi imunitas tubuh melawan infeksi dan juga membantu membunuh bakteri. Astringen merupakan alasan dari manfaat jeruk nipis terhadap penyakit batuk dan infeksi tenggorokan. Kandungan astringen juga dapat membantu melegakan radang pada saluran napas dan tenggorokan sehingga mengurangi rasa nyeri saat menelan atau pun berbicara.
  • Kanker
Favanoid dan antioksidan yang banyak terdapat pada buah jeruk nipis dapat membantu mencegah terjadinya penyakit yang serius seperti kanker. Penyakit kanker terjadi karena banyaknya radikal bebas yang menyebabkan sel bermutasi dan akhirnya menjadi penyakit pada tubuh. Antioksidan dan flavonoid dapat berperan sebagai zat yang melawan radikal bebas tersebut sehingga menurunkan angka kejadian kanker. Penelitian pada tahun 2010 mengatakan bahwa flavonoid terbukti dapat menurunkan angka kejadian kanker mulut dan menghambat pertumbuhan sel kanker mulut.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet dan Kecantikan

Selain baik untuk kesehatan, jeruk nipis juga memilik manfaat untuk diet dan kecantikan. Manfaat jeruk nipis untuk diet sudah banyak dianut dan dicoba berbagai kalangan dengan meminum air jeruk nipis. Tidak hanya dapat membantu menurunkan berat badan, ternyata buah kecil asam ini juga baik untuk kesehatan dan keindahan kulit kita. Mari kita simak apa saja manfaat jeruk nipis untuk diet dan kecantikan:
  • Serat
Serat larut dan tidak larut yang dikandung dalam sebutir jeruk nipis dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, membersihkan tubuh dari kolesterol jahat dan membantu membakar lemak dengan meningkatkan laju metabolisme Anda. Serat pada jeruk nipis juga dapat membantu menurunkan nafsu makan berlebih.
  • Jeruk Nipis Peras
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam usaha menurunkan berat badan, minumlah dua gelas jeruk nipis peras setiap pagi dan sore. Kandungan antioksidan pada jeruk nipis sangat bagus untuk melawan penyakit. Selain itu, asam sitrus yang terdapat pada jeruk nipis dapat bermanfaat membakar lemak berlebih di tubuh. Lihatlah hasil yang menjanjikan dalam satu minggunya.
  • Kesehatan Kulit
Manfaat jeruk nipis yang tidak kalah penting adalah manfaatnya pada kesehatan kulit. Minyak alami yang terdapat pada jeruk nipis dapat memperbaharui kulit, membuat kulit semakin bersinar, melindungi kulit dari infeksi dan mengurangi bau badan. Kandungan Vitamin C dan flavonoid pada jeruk nipis juga membantu kulit tetap sehat, elastis dan tidak mudah pecah. Tidak hanya diminum, jeruk nipis juga sangat bagus untuk dioleskan ke kulit. Jeruk nipis dapat membantu mengangkat sel kulit mati, menyembuhkan ketombe dan mempercepat penyembuhan memar. Masukkan jus jeruk nipis ke dalam air mandi Anda dan rasakan manfaatnya.
Manfaat jeruk nipis memang banyak sekali. Mulai dari permasalahan kesehatan seperti infeksi saluran tenggorokan, kanker sampai kencing manis pun dapat dibantu penyembuhannya dengan jeruk nipis. Jeruk nipis juga dapat membantu proses penurunan berat badan dengan cara membantu membakar lemak dan membuat Anda kenyang lebih lama. Satu keunggulan tambahan buah ini ialah dapat digunakan juga sebagai tambahan zat perawatan kulit yang membantu kulit tetap cerah alami. Dan sisi terbaik dari manfaat jeruk nipis adalah kealamiannya, yang berarti tidak mempunyai efek samping.
sumber : dedaunan.com