Inilah 6 Obat Alami Sebagai Alternatif Penurun Demam Anak

1. Air kelapa muda

Anak-anak sering mengalami demam tinggi, demam adalah peningkatan suhu tubuh di atas batas normal. Pada anak-anak suhu normal pada tubuh berkisar antara 36 hingga 37 derajat celsius sedangkan jika suhunya lebih dari itu maka bisa dikatakan anak anda sedang mengalami demam. Secara alami demam merupakan reaksi dari adanya infeksi pada tubuh yang disebabkan oleh virus, bakteri ataupun parasit.

Biasanya kebanyakan ibu atau orang tua panik ketika anak mengalami demam tinggi mereka akan memberi pertolongan pertama dengan memberikan obat dari bahan-bahan kimia seperti parasetamol, asam salisilat dan obat lainnya. Padahal bahan kimia tersebut pasti memiliki efek samping yang kurang baik untuk pertumbuhan anak, oleh karena itu akan sangat baik jika anda sebagai orang tua mencari alternatif lain untuk menurunkan demam buah hati anda. Alternatif lain? Yap, Indonesia dengan kekayaan rempah-rempah yang memiliki berjuta manfaat. Kita dapat menggunakan bahan alami yang sangat mudah kita dapatkan.  Yukk cek beberapa bahan alami berikut.


1. Air kelapa muda
1. Air kelapa muda
Air kepala muda mengandung mineral kalium yang terbukti efektif untuk mengganti cairan tubuh atau mengatasi dehidrasi. Nah ada baiknya jika buah hati anda mengalami demam anda dapat mengusapkan air kelapa muda atau jika sudah cukup umur anda juga dapat meminumkannya.





2. Bawang merah

Bumbu dapur satu ini mengandung minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, floroglusin, kaemferol, dan kuersetin yang sangat efektif untuk menurunkan demam. Caranya sangat mudah, anda cukup mengupas beberapa butir bawang merah, cuci lalu parut dan campurkan dengan minyak kelapa balurkan ke tubuh anak mulai dari ubun-ubun, punggung, perut, paha, lengan, hingga telapak kaki. Selain cara itu ada cara lainnya yang lebih mudah dengan manfaat untuk menghangatkan tubuh anak atau sekadar untuk meringankan anak yang lelah setelah seharian berlatih berjalan atau merangkak. Ambil beberapa bawang merah lalu bakar hingga berbau harum, lalu kupas dan gerus. Siap untuk dibalurkan pada seluruh tubuh buah hati anda setelah mandi.





3. Kunyit
3. Kunyit
Rempah satu ini mengandung minyak atsiri, turmeron, zingiberen, dan kurkumin yang bermanfaat sebagai antibakteri, antiimflasi dan antioksidan tinggi. Rempah ini selain dapat menurunkan demam dapat pula meningkatkan imunitas tubuh. caranya sangat mudah ambil rimpang kunyit lalu haluskan dan tambahkan setengah gelas air panas aduk hingga merata. Diamkan hingga dingin lalu peras pisahkan ampasnya. Sari dari kunyit itu lalu campurkan dengan perasaan setengah buah jeruk nipis dan satu sendok makan madu, aduk hingga merata dan berikan tiga kali dalam satu hari.




4. Pegagan
4. Pegagan
Tumbuhan yang menjalar satu ini memiliki kandungan triterpenoid, saponin, hidrokotilin dan velarin yang memiliki manfaat menurunkan panas, memperkuat struktur jaringan tubuh, merevitalisasi tubuh serta pembuluh darah. Selain itu pegagan juga dapat menyejukan atau mendinginkan tubuh, menambah nafsu makan, menyembuhkan peradangan pada kulit. Caranya sangat mudah kok ambil satu genggam pegagan rebus dengan satu gelas dua gelas air didihkan hingga menjadi satu gelas air saja, campurkan dengan satu sendok makan madu lalu bagi menjadi tiga dan konsumsilah tiga hari sekali. Mudah kan? Hanya satu kali membuatnya dalam sehari bisa dikonsumsi tiga kali.



5. Lempuyang emprit
5. Lempuyang emprit

Rempah yang rimpangnya berwarna putih dan memiliki ras pahit ini kaya akan senyawa minyak atsiri yaitu sekuiterpenkon yang memiliki kasiat menurunkan demam. Caranya sama pada pengolahan kunyit untuk menurunkan berat badan.





6. Labu siam
6. Labu siamAnda bisa menggunakan labu siam muda untuk menurunkan demam pada anak. Kandungan pendingin dalam labu siam terbukti ampuh untuk menurunkan demam. Caranya mudah kok parut atau haluskan labu siam muda lalu tempel pada bagian kening anak anda.