Kenali Berbagai Penyebab Bau Mulut dan Cara untuk Mengatasinya

Kenali Berbagai Penyebab Bau Mulut dan Cara untuk Mengatasinya
Bau mulut merupakan hal yang memalukan, sehingga mengetahui penyebab bau mulut dapat membantu mengatasinya. Seseorang yang mempunyai bau mulut biasanya tidak akan menyadari bahwa ia mengeluarkan aroma tidak sedap dari mulutnya. Hal ini terbukti dari studi mengenai bau mulut yang mengatakan bahwa hampir 50% orang dengan bau mulut tidak menyadari bahwa mereka memiliki bau mulut. Bukan hanya memalukan, bau mulut juga dapat menjadi bencana bagi orang di sekitarnya termasuk keluarga dan pasangannya.

Untungnya, bau mulut dapat dikurangi dan dihentikan. Dengan mencoba mengatasi bau mulut diharapkan kepercayaan diri Anda akan meningkat kembali. Mengetahui penyebab bau mulut merupakan salah satu cara utama mengatasi bau mulut. Selain itu, memiliki mulut dan gigi yang bersih, kunjungan rutin ke dokter gigi dan menghindari hal – hal tertentu ternyata dapat pula menjadi cara mengatasi bau mulut.

Penyebab Bau Mulut yang Harus Anda Kenali

Berbagai macam hal dapat menjadi penyebab bau mulut. Sumber bau mulut antara lain adalah dari penyakit mulut, kebiasaan yang buruk, kondisi kesehatan tubuh Anda dan makanan yang Anda konsumsi. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa aroma yang tidak sedap tersebut 80% muncul dari mulut Anda, sisanya barulah dari makanan dan dari penyakit medis yang Anda derita. Berikut adalah daftar penyebab bau mulut yang sering terjadi:
  • Kebersihan Gigi Mulut dan Kebiasaan yang Buruk
Seseorang yang tidak menyikat gigi dan membersihkan mulutnya setiap hari rentan terkena bau mulut. Ini adalah penyebab bau mulut yang paling utama. Partikel sisa makanan dapat menempe pada gigi, gusi, masuk ke sela gigi, sela gigi dengan pipi serta amandel Anda. Sisa makanan ini dapat dipecah dan difermentasi oleh bakteri mulut dan menghasilkan aroma yang tidak sedap. Makanan ini juga akan membantu pertumbuhan bakteri, dimana biasanya suatu infeksi bakteri dapat menambah bau mulut yang tidak sedap.
  • Rokok
Merokok bukan hanya buruk bagi kesehatan saluran napas dan paru-paru Anda, ternyata rokok juga dapat mencetuskan terjadinya bau mulut. Rokok dapat menciptakan reaksi radang dan inflamasi di dalam mulut yang menjadi penyebab bau mulut. Selain itu, rokok pun dapat mengiritasi gusi dan membantu bakteri untuk tumbuh lebih banyak.
  • Penyakit pada Gigi dan Mulut
Gigi yang bolong dan rusak merupakan sasaran empuk bagi bakteri di dalam mulut. Ini akan menjadi rumah bagi para kuman, dan dimana ada infeksi bakteri, disitulah timbul bau mulut. Gigi yang bolong juga rentan menjadi tempat sisa makanan bertengger, sehingga akan memberi tambahan bau mulut. Infeksi parah yang menimbukan reaksi radang hebat sampai mengeluarkan nanah juga dapat menyumbang terjadinya bau mulut. Selain itu, bila anda membiarkan plak makanan menempel lama di gigi dan gusi, hal tersebut akan menciptakan penyakit gusi yang meradang dan dapat mencetuskan terjadinya bau mulut pula.
  • Penyakit Medis Lainnya
Ternyata penyebab bau mulut tidak hanya terbatas pada mulut saja, namun juga dapat terjadi karena penyakit medis lainnya. Beberapa penyakit yang dapat menjadi penyebab bau mulut adalah kencing manis, penyakit liver, penyakit ginjal, penyakit infeksi saluran napas, bronchitis kronik dan GERD (Gastroesophageal reflus disease / naiknya asam lambung ke kerongkongan. Bila hal ini menjadi penyebab bau mulut Anda, membersihkan dan menyikat gigi hanya akan menghilangkan bau mulut dalam waktu yang singkat. Untuk mengeleminasi bau mulut karena hal ini, Anda harus mengontrol kondisi kesehatan Anda ke dokter Anda.
  • Diet
Berpuasa dan beberapa metode diet yang ekstrim dapat membuat aroma mulut Anda menjadi tidak sedap. Penyebab bau mulut ini dapat diatasi dengan minum air ketika Anda menjalankan program diet yang ekstrim. Kondisi tidak adanya makanan pada lambung dapat membuat aroma asam lambung naik ke atas hingga menimbulkan bau mulut.
  • Makanan yang Anda Konsumsi
Beberapa makanan tertentu dapat menjadi penyebab bau mulut. Di Indonesia sendiri sudah jelas bahwa mengkonsumsi petai dan jengkol akan menyebabkan bau mulut. Selain petai dan jengkol, konsumsi bawang putih dan bawang Bombay pun merupakan penyebab bau mulut. Alasan terjadinya bau mulut pada kasus ini ialah karena substansi di makanan tersebut dicerna oleh tubuh, diserap olehh darah dan turut mengalir ke paru-paru sehingga akan memberi aroma yang tidak sedap meski Anda telah berusaha menghilangkannya dengan menyikat gigi atau pun berkumur.

Cara Mengatasi Bau Mulut yang Efektif

Bau mulut merupakan sesuatu yang dapat dicegah dan diatasi. Dengan mengetahui cara dan strategi yang benar, Anda dapat menghilangkan aroma yang tidak sedap tersebut untuk keluar dari mulut Anda. Ini terutama berguna sebelum Anda berbicara pada orang banyak, menghadiri rapat atau sekedar mengobrol dengan orang yang Anda kasihi. Inilah beberapa cara mengatasi dan mencegah bau mulut:
  1. Miliki Kebiasaan Membersihkan Mulut yang Baik
Sikatlah gigi Anda pada pagi hari setelah sarapan pagi dan malam hari setelah selesai makan. Lebih baik lagi bila Anda dapat menyikat gigi setiap habis makan. Pastikan tidak ada makanan yang terselip di celah dalam mulut Anda. Ganti sikat gigi Anda 3-4 bulan sekali. Dan jangan lupa untuk menggosok lidah Anda dengan lembut pula.
  1. Kunjungi Dokter Gigi
Melakukan check up kepada dokter gigi Anda dengan frekuensi minimal 2 kali per tahun dapat menjadi cara mengatasi bau mulut Anda. Pasalnya, penyakit gigi dan mulut seperti gigi bolong dapat mencetuskan bau mulut. Sulitnya, terkadang bahkan kita pun tidak menyadari adanya bolong pada gigi kita.
  1. Berhenti Merokok
Merokok dapat mencetuskan bau mulut, sehingga berhenti merokok merupakan cara logis untuk mengatasi bau mulut. Berhenti merokok pun dapat meningkatkan kualitas kesehatan Anda secara keseluruhan.
  1. Minum Banyak Air
Ini akan membantu mulut Anda tetap lembap. Selain itu, kunyahlah permen karet (tanpa gula) untuk merangsang terbentuknya air liur yang dapat membantu membunuh bakteri dalam mulut dan membersihkan partikel sisa makanan.
  1. Konsultasikan dengan Dokter Anda
Beberapa penyakit dan obat-obatan dapat mencetuskan bau mulut. Bila Anda menderita beberapa penyakit medis dan mempunyai bau mulut, tanyakan pada dokter Anda apakah penyakit Anda berkaitan dengan bau mulut sekaligus tanyakan cara mengatasinya.
Memiliki bau mulut memang menyebalkan. Bau mulut dapat menurunkan rasa percaya diri, lebih buruk lagi bau mulut yang tidak Anda ketahui. Bila Anda memiliki bau mulut, mengenal penyebab bau mulut dapat membantu Anda mengatasi masalah ini. Jangan lupa untuk memiliki kebiasan membersihkan gigi dan mulut yang baik untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan mulut Anda. Libatkan juga dokter gigi Anda untuk membantu Anda mencegah dan mengurangi bau mulut.

sumber : dedaunan.com