Suntik Kebiri Makan Biaya Hingga Rp1 Juta Sekali Injeksi



Bisnis.com, JAKARTA--Ahli kesehatan mengungkapkan, pengebirian sebagai langkah untuk menurunkan gairah seksual seseorang membutuhkan biaya yang tak murah.
Spesialis urologi dari Asri Urology Center, dr. Arry Rodjani, SpU, mengatakan, untuk salah satu cara kebiri yakni pemberian obat saja, membutuhkan biaya mulai dari Rp. 700 ribu untuk sekali penggunaan.
"Kebiri di dunia kedokteran itu dikenal ada dua macam, yakni pembedahan dan menggunakan obat. Untuk obat, biaya memang mahal. Sekali suntik bisa Rp 700 ribu - 1 juta," ujar Arry saat dihubungi ANTARA News, di Jakarta, Kamis. 
 
Menurut dia, obat yang diberikan melalui suntikan, akan menekan bagian tubuh yang memproduksi testosteron, hormon yang berperan dalam fungsi seksual laki-laki. 
 
Sekali suntik, kata Arry, obat hanya mampu bekerja untuk menurunkan gairah seksual selama satu hingga tiga bulan saja. Oleh karenanya, selain mahal, dia menilai cara ini tak efektif. 
 
"Satu kali pemberian biasanya untuk satu bulan saja atau tiga bulan. Kalau tidak diberikan akan kembali lagi. Biaya memang mahal. Menurut saya, untuk apa diberikan. Buang-buang ongkos saja," kata dia. 
 
Sementara itu, pengebirian dengan bedah, kata dia, lebih utama diperuntukkan untuk pengobatan, semisal kanker testis dan prostat stadium lanjut.  
 
"Surgical itu bisa indikasinya untuk pengobatan, misalnya kanker testis, kanker prostat yang lanjut. Efek sampingnya, gairah seksual akan menurun, karena testisnya tidak ada. Libidonya turun," pungkas Arry.

0 Response to "Suntik Kebiri Makan Biaya Hingga Rp1 Juta Sekali Injeksi"

Post a Comment



Silahkan masukkan nomor resi POS anda, kemudian klik search.



Silahkan masukkan nomor resi Tiki anda, kemudian klik search.



Silahkan masukkan nomor resi JNE anda, kemudian klik search.

Bank Muamalat
a/n SAFAAT NURHAYATUDIN
No. ISI DENGAN NO REK