Empat Tanda Kanker Payudara yang Sering Terabaikan


KEmpat Tanda Kanker Payudara yang Sering Terabaikan
Ilustrasi kanker payudara. (dailymail)
TEMPO.CO, Jakarta - Kanker payudara termasuk dalam kanker terbanyak diderita kaum wanita. Kanker ini bisa diperoleh dari keturunan (genetis), maupun karena gaya hidup tak sehat. Ada beberapa gejala kanker payudara. Selain bengkak, ada sejumlah gejala lain yang bisa menjadi penanda kemungkinan kanker payudara, namun kerap tak disadari.

Berikut gejala kanker payudara yang kerap diabaikan:

1. Kerutan di payudara
Menurut Director of Medical Breast Services dari Cleveland Clinic, Holly Pederson, MD, gejala lain kanker payudara di antaranya kerutan di payudara.  Dikatakan, saat perempuan mengangkat lengannya ke atas di cermin, lalu menemukan kerutan pada hampir seluruh bagian payudara, maka perlu memeriksakan diri ke dokter.

"Saat tumor tumbuh, dia menganggu arsitektur kulit dan bisa menyebabkan ligamen bagian dalam mengekerut. Kerutan ini bisa hilang saat Anda menurunkan kembali lengan," kata Pederson seperti dilansir WebMD.

2. Perubahan putingSelain itu, lanjut Pederson, gejala lainnya adalah perubahan pada salah satu puting payudara, misalnya warna yang berbeda dan puting yang berdarah.  "Jika kedua puting berwarna kehijauan atau kecokelatan, itu biasanya bukan pertanda kanker payudara. Tetapi, bila terjadi pada satu puting saja dan berdarah, itu bisa menjadi pertanda kanker payudara," tuturnya.

3. NyeriPederson mengatakan, nyeri pada payudara terutama pada perempuan berusia di atas 50 tahun bisa menjadi pertanda utama kanker payudara.  Kondisi ini perlu diwaspadai terutama saat perempuan merasakan nyeri pada satu sisi payudaranya. Rasa nyeri muncul akibat pertumbuhan kanker.

4. Perubahan warnaKanker bisa muncul dari puting. Bila puting mengelupas dan iritasi, namun ini tidak terjadi di area lingkaran sekitar puting (areola complex), maka Anda patut waspada.
Kemudian, bila warna puting terlihat kemerahan atau keunguan, maka ini tak normal.

"Bila puting terlihat kemerahan atau keunguan, ini tak normal. Sel-sel tumor menyerang puting sehingga menyebabkan warna kulit terlihat berbeda (jika itu adalah kanker payudara)," ungkap Pederson.

Selain itu, warna merah di salah satu bagian payudara juga perlu diwaspadai, karena bisa menjadi pertanda terjadinya peradangan kanker payudara.  "Kondisi ini sangat jarang terjadi, namun bila payudara berwarna merah, terutama bila kulit menebal, maka perlu dievaluasi," pungkasnya.

BISNIS.COM