Penyebab Darah Rendah dan Bagaimana Cara Mengatasinya


Penyebab Darah Rendah dan Bagaimana Cara Mengatasinya
Secara umum penyebab darah rendah yang dialami oleh setiap orang bisa berbeda antara satu penderita dan penderita yang lainnya. Akan tetapi memang ada beberapa penyebab yang menjadi faktor utama seseorang bisa mengalami tekanan darah rendah. Berbeda halnya seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi, sebagian besar orang menganggap hipotensi atau tekanan darah rendah ini sebagai masalah kesehatan yang biasa. Hal ini dikarenakan informasi mengenai gejala-gejala hipotensi masih belum sepenuhnya diketahui oleh masyarakat awam. Bahkan gejala yang muncul sering diartikan sebagai dehidrasi atau kekurangan cairan. Padahal jika penderita tekanan darah tinggi tidak segera mendapatkan pengobatan, risiko yang paling berbahaya adalah kematian. Untuk itu supaya Anda bisa terhindar dari hipotensi, pada artikel kali ini kami akan membahas masalah penyebab tekanan darah rendah dan bagaimana cara menyembuhkan darah rendah yang baik.

Penyebab Darah Rendah yang Harus Diketahui

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, bahwa tekanan darah tinggi adalah kondisi di mana tekanan darah seseorang melebihi batas normal. Begitu pula sebaliknya, tekanan darah rendah adalah kondisi di mana tekanan darah di bawah normal. Penyebab terjadinya hipotensi atau tekanan darah rendah ini cukup banyak, sehingga bisa diderita oleh siapapun dan kapan pun. Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, risiko terkena hipertensi ataupun hipotensi biasanya juga semakin meningkat. Apalagi seiring bertambahnya usia, aliran darah yang dialirkan menuju otot jantung dan otak semakin menurun jumlahnya.
Lalu apa saja penyebab darah rendah? Penyebab tekanan darah rendah sebenarnya tidak selalu bisa diprediksi secara jelas. Akan tetapi umumnya kondisi hipotensi ini bisa berhubungan dengan masalah gangguan hormon. Misalnya seperti thypothyroidism atau kondisi di mana tiroid kurang aktif. Bisa juga terjadi karena diabetes atau hipoglikemia. Selain itu penggunaan obat yang salah juga cukup berpotensi menyebabkan tekanan darah rendah. Terutama penggunaan obat hipertensi yang berlebihan.
Beberapa masalah yang membuat kinerja jantung tidak maksimal lagi juga bisa memengaruhi volume darah normal sehingga bisa menjadi salah satu penyebab darah rendah. Misalnya seperti penyakit gagal jantung, penyakit serangan jantung, gangguan pada katup jantung, atau denyut nadi yang melemah. Ketika seseorang mengalami tekanan darah rendah, biasanya ritme jantung cenderung tidak stabil. Gangguan-gangguan pada jantung tersebut bisa mengakibatkan tekanan darah menurun sebagai bentuk perlindungan tubuh untuk menjaga sirkulasi darah di dalam tubuh tetap berjalan.
Penyebab darah rendah seperti yang tadi sudah kami jelaskan biasanya terjadi karena ada pemicu yang sudah berlangsung sejak lama. Misal seperti diabetes, mengonsumsi obat ataupun karena penyakit jantung. Namun demikian ternyata ada juga kondisi yang bisa membuat tekanan darah manusia turun secara mendadak. Dan ternyata kondisi seperti ini sangat berbahaya dan berpotensi meregang nyawa.
Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab tekanan darah rendah secara mendadak diantaranya adalah kehilangan darah terlalu banyak karena terjadinya perdarahan. Misal saat proses persalinan, kecelakaan dan sebagainya. Suhu tubuh yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah juga bisa menjadi salah satu pemicu turunnya tekanan darah rendah secara mendadak. Selain itu Anda juga harus waspada terhadap sepsis atau infeksi darah yang sudah terlanjur parah. Paslanya masalah tersebut bisa menjadi penyebab darah rendah yang cukup berbahaya.
Mengetahui dan menghindari penyebab-penyebab terjadinya tekanan darah rendah adalah langkah awal untuk terbebas dari penyakit ini. Langkah berikutnya adalah mengenali gejala-gejalanya untuk melakukan perawatan secepatnya bila tekanan darah sedang turun. 

Gejala yang Terjadi pada Penderita Tekanan Darah Rendah

Barusan kami sudah menjelaskan tentang apa saja faktor-faktor yang bisa menjadi penyebab darah rendah. Dan sebelum kami menjelaskan tentang bagaimana cara menyembuhkan darah rendah yang baik dengan obat darah rendah alami, Anda juga harus mengetahui gejala atau ciri-ciri apa saja yang biasanya terjadi pada penderita hipotensi. Perlu Anda ketahui bahwa ternyata tidak semua orang yang mengalami sakit darah rendah akan menunjukkan gejala. Akan tetapi jika kondisinya sudah cukup parah, biasanya penderita akan mengalami beberapa gejala.
Gejala yang biasanya terjadi pada penderita tekanan darah rendah adalah jantung yang berdebar tidak teratur atau kencang. Selain itu penderita biasanya juga akan merasa lemas, lesu, pusing, mual, pandangan buram, hilang keseimbangan, bahkan bisa sampai jatuh pingsan. Nah, hal sederhana yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama pada penderita hipotensi adalah dengan memintanya untuk duduk atau berbaring. Penderita juga harus berisirahat dan banyak mengonsumsi air putih. Dengan demikian gejala-gejala tersebut bisa hilang dalam beberapa saat.
Nah, apabila Anda atau seseorang di sekitar Anda mengalami gejala hipotensi seperti yang baru saja kami jelaskan, segeralah cek tekanan darahnya di dokter. Bukan hanya tekanan darah, akan tetapi dokter biasanya juga akan memeriksa apakah ada penyakit tertentu yang memang menjadi penyebab darah rendah.

Cara Menyembuhkan Darah Rendah yang Baik

Tekanan darah rendah mungkin sering dianggap tidak terlalu berbahaya seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi. Akan tetapi apabila tidak diobati, tentu saja akan berdampak serius kedepannya. Lalu bagaimana cara mengatasi darah rendah? Adakah bahan-bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi tekanan darah rendah? Tentu saja ada, dan pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan beberapa macam makanan alami yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi darah rendah.
  1. Kacang-Kacangan
Mengonsumsi kacang-kacangan ternyata cukup terbukti ampuh untuk mengatasi tekanan darah rendah. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan adalah jenis makanan yang mudah dicerna sehingga lebih mudah membuat tekanan darah naik. Penderita darah rendah biasanya disarankan utnuk mengonsumsi kacang merah, kacang hijau, buncis, dan sejenisnya.
  1. Air Putih
Seperti yang tadi sudah kami jelaskan bahwa salah satu penyebab darah rendah adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Jadi untuk membuat tubuh Anda lebih sehat, konsumsilah minimal 8 gelas sampai 10 gelas air putih setiap hari untuk membuat tubuh Anda tetap terhidrasi.
  1. Daging dan Hati Ayam
Menu makanan sehat lainnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat darah rendah adalah daging ayam dan hati ayam. Alasannya adalah karena pada daging dan hati ayam adalah sumber protein hewani yang cukup tinggi. Di mana protein merupakan zat yang bisa membantu meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh. Selain itu protein juga dibutuhkan untuk membangun sel-sel dalam pembuluh darah.
  1. Roti dan Sereal
Selain mengonsumsi daging dan hati ayam, penderita hipotensi juga disarankan utnuk mengonsumsi roti dan seral. Di mana makanan tersebut terbuat dari bahan dasar gandum. Gandum sendiri merupakan sumber zat besi yang cukup tinggi, sehingga bisa membantu menjaga kondisi tubuh dari risiko tekanan darah rendah.
Nah, itulah tadi penjelasan singkat kami mengenai apa saja penyebab darah rendah dan juga bagaimana cara mengatasinya. Jadi mulai sekarang jangan pernah meremehkan penyakit yang satu ini, karena jika terlambat diobati risikonya sangat berbahaya. Mulailah hidup sehat supaya Anda terhindar dari berbagai faktor penyebab tekanan darah rendah. Semoga bermanfaat
sumber : dedaunan.com