KENALI NUTRISI UNTUK KESEHATAN TULANG


balanced-nutrition
“Mencegah lebih baik dari pada  Mengobati”  mungkin kalimat tersebut sudah kita dengar sejak masa kecil  dan ditanamkan kedalam pikiran kita oleh orang tua kita.
Demikian pula dalam menjaga  kesehatan sendi dan tulang kita, sebagaimana kita ketahui  sendi dan tulang  sehat merupakan bagian penting dalam mendukung mobilitas dan fleksibilitas  tubuh kita sehingga dapat bebas beraktifitas sehari hari. Disamping itu tulang bertindak sebagai bingkai tubuh yang tegar yang terbentuk dari kalsium dan harus kuat menegakkan atau menopang berdirinya tubuh, member bentuk tubuh, melindungi organ-organ penting seperti jantung dan paru serta tempat melekatnya otot-otot dan tempat pembentukan sel-sel darah merah.
Oleh karena itu menjaga kesehatan sendi dan tulang  harus dilakukan sejak sedini mungkin sehingga dapat mencegah seseorang mengalami penyakit tulang dimasa depan
Nah..agar sendi dan tulang dapat berfungsi optimal kita perlu menjaga kesehatan sendi dan tulang, salah  satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi penting bagi kesehatan sendi dan tulang.
Jenis Nutrisi Bagi Kesehatan Tulang Dan sendi
1. Vitamin
Berfungsi dalam menjaga kesehatan sendi dan tulang karena adanya aktivitas antioksidan dan aktivitasnya dalam berbagai reaksi kimia dalam tubuh. Jenis vitamin yang mendukung kesehatan sendi dan tulang adalah vitamin A, B, C, D , E dan K.
a) Vitamin D
Dibutuhkan  dalam  jumlah yang cukup untuk  penyerapan kalsium.
b) Vitamin A, C, dan E
Berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah inflamasi atau peradangan maupun reaksi lain akibat dari radikal bebas.
Vitamin A berpotensi dalam mencegah radang sendi, sementara vitamin C baik untuk kesehatan sendi. Ketika dikombinasikan dengan vitamin A dan E, maka terbukti vitamin C lebih efektif dalam aktivitasnya sebagai antioksidan. Semua vitamin tersebut dapat diperoleh dari sumber-sumber alami dari alam seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
c) Vitamin K
Vitamin K merupakan vitamin yang penting bagi kesehatan sendi dan tulang, dimana apabila terjadi kekurangan vitamin K dapat meningkatkan resiko radang sendi (ostheoarthritis).
d) Vitamin B
Beberapa jenis vitamin B seperti B3, B5 dan B6 diperlukan oleh sendi untuk dapat berfungsi secara lebih optimal.
2. Omega 3
Merupakan asam lemak sehat yang dapat membentuk senyawa prostaglandin yang memiliki sifat anti-peradangan  yang dapat menurunkan resiko radang sendi. Selain itu omega 3 dapat mempercepat penyembuhan ligament (jaringan ikat antara tulang dan tulang).
3. Glucosamine dan Chondroitine
Glukosamin merupakan salah satu komponen penyusun tulang rawan dan cairan sendi (minyak synovial) sehingga bila mengkomsumsi Glucosamine diyakini dapat meningkatkan volume minyak synovial sehingga dapat mencegah peradangan sendi. Sementara itu, Chondrotine adalah komponen utama penyusun tulang rawan yang melapisi sendi  dan tulang sehingga dengan mengkomsinya dapat melapisi sendi dan dapat mencegah radang sendi. Kombinasi keduanya dapat membantu mengurangi radang sendi, mencegah kerusakan persendian terutama pada penderita osteoarthriris dan memperbaiki fungsi sendi.
4. Mineral
Ada beberapa mineral yang berfungsi bagi kesehatan tulang yaitu antara lain Kalium yang merupakan komponen utama penyusun tulang, selain itu terdapat fosfor yang merupakan bagian penting dalam proses yang berhubungan  dengan pertumbuhan  dan pemeliharaan tulang. Kedua mineral bekerjasama untuk memberikan tulang yang kuat dan sehat .
5. Air
Sangat diperlukan untuk kebutuhan fungsional tubuh dan menyusun lebih dari 60% keseluruhan berat tubuh orang dewasa. Pelumas sendi atau yang dikenal sebagai cairan synovial sebagian besar terdiri dari air. Konsumsi air yang cukup sangat baik untuk membantu sistem bantalan sendi dan melumasi jarak antar sendi sehingga gesekan atau nyeri sendi dapat dihindari.
20 % kebutuhan air dapat dipenuhi dari makanan, akan tetapi 80% tetap diperoleh dari minuman. Untuk itulah perlu konsumsi 8 gelas air setiap hari untuk sendi yang sehat.

Sumber : disarikan dari beberapa sumber

0 Response to "KENALI NUTRISI UNTUK KESEHATAN TULANG"

Post a Comment