Rahasia Kehidupan B.J Habibie yang jarang diketahui banyak orang


Semua manusia memiliki waktu yang sama dalam sehari, yaitu 24 jam. Bagaimana seseorang memanfaatkan waktu yang dia miliki  dalam sehari akan menentukan bagaimana dia tumbuh.

Siapa tak kenal B.J Habibie, Presiden Indonesia ketiga yang terkenal dengan kecerdasannya. Pesawat Gatotkaca rancangannya adalah salah satu kebanggaan Indonesia. Bagaimana ilmuwan ini memanfaatkan waktunya?

Prayudhi Azwar, selah seorang Mahasiswa Doktoral bidang Ekonomi, University of Western Australia; Casual Lecturer di University of Western Australia, dalam menulis dalam akun media sosialnya tentang Habibie. Dalam tulisan tersebut dia menuturkan bahwa B.J Habibie merupakan ilmuwan yang sangat cerdas.

Habibie, tutur Azwar, tidak hanya memiliki IQ sangat tinggi,  200, melebihi IQ Albert Einstein 160. Beliau bukan hanya  pemikir, sebagai informasi Habibie adalah penemu “crack theory” pesawat terbang. Ayah dua anak ini juga eksekutor andal. Dia membidani kelahiran sederet industri strategis Indonesia, seperti Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) yang sekarang bernama PT Dirgantara Indonesia (PTDI), PT PAL Indonesia, PT PINDAD,dan lainnya.

Bagaimana Habibie memanfaatkan waktu yang dia miliki? tentu ada rahasia penggunaan waktu yang perlu untuk dikupas lebih dalam sebagai pencerahan. Pria kelahiran Parepare ini, lanjut Azwar, menghabiskan waktunya untuk 7 hal berikut ini:

1. Ibadah individual

Selain memberikan ketenangan batin, Ibadah saat sujud dalam sholat, kepala di posisi terendah di antara seluruh anggota badan, dalam posisi ini, darah segar mengalir dari jantung dibantu efek grafitasi menyusuri pembuluh-pembuluh darah terhalus di otak yang ada di sekujur kepala.

2. Ibadah kemasyarakatan

Selain memberikan kedekatan dalam penghambaan kepada sang Maha Pencipta, aktivitas ini juga menjadi latihan memperkuat jaringan otak sekaligus berfungsi jadi obat antipikun bagi Habibie.

3. Olahraga renang

BJ Habibie mengungkapkan rahasia yang membuatnya awet muda adalah berenang. Habibie mengatakan dulu dirinya bisa berenang hingga tiga jam ketika dirinya masih muda, namun sekarang hanya satu jam.

"Saya rajin berenang. Kalau berenang tidak diganggu oleh apapun termasuk telepon atau apa saja," kata dia.

Menurut dia, selama berenang tubuhnya mendapatkan oksigen yang cukup dan peredaran darahnya lancar. "Kalau berenang saya tidak diganggu dengan apapun."

Habibie mengatakan dirinya sudah berenang sejak dirinya berada di Jerman.
Selain itu, Habibie mengaku sering berdoa di dalam air. Bahkan terkadang inspirasi datang ketika berenang.

Rahasia lainnya adalah menjaga pola makan. Habibie mengaku dirinya hanya makan satu kali sehari. "Selain itu perlu banyak minum air putih." Habibie hadir dalam acara tersebut dan berbincang mengenai kebebasan pers.
Di samping menyegarkan tubuh dan melancarkan sirkulasi darah, momen olahraga renang ini memperkuat stamina, endurance dan menghasilkan energi yang mengalir hebat untuk memenuhi kebutuhan tenaga aktivitas yang padat.

4. Makan

Menu sehat memastikan supply energi mencukupi kebutuhan. Habibie ternyata rajin berpuasa Senin-Kamis. Nyaris tidak pernah absen. Kebiasaan itu membantu beliau sehat hingga usia lanjut seperti sekarang ini.

5. Menerima tamu

Menerima tamu menjadi salah satu rutinitas Habibie. Hal ini dilakukan untuk mengisi kebutuhan emosi dari hubungan antarmanusia yang sehat, saling menyenangkan, dan tentunya memberi inspirasi bagi orang lain.

6. Membaca dan menulis

Kualitas sekaligus produktivitas menggunakan 7,5 jam di waktu menulis dan membaca ini sangat tinggi. Kebiasaan ini menjadi sumber ilham atas gagasan-gagasannya yang selalu brilian. Dengan 7,5 jam yang berisi pertimbangan yang bijaksana, pemikiran yang dalam, kejernihan hati, dan ilham serta inspirasi yang terus mengalir. Bagaimana terobosan dan prestasi hebat tidak mampu Habibie torehkan?

7. Istirahat

Tingginya amal dan aktivitas produktif membuat Bj Habibie hanya memiliki waktu 5 jam untuk istirahat nyenyak dan memberikan kesegaran untuk beraktivitas di keesokan harinya.

Dalam akun yang sama, Azwar menulis jika kita ingin memperbaiki diri, teladanilah figur yang masih hidup bersama kita saat ini. Teladan Habibie dalam mengelola waktunya setiap hari. Manfaatnya, secara langsung tentu untuk diri kita dan keluarga. Tapi imbasnya kepada kemaslahatan bangsa juga pada akhirnya.

"Indonesia tentu tengah menunggu lahirnya gelombang semangat Habibie-habibie baru," kata Azwar seperti dikutip brilio.net,