Doa Terbaik yang Diajarkan Nabi SAW





Abdullah bin Umar RA berkata: Rasulullah shalallahu ‘alai wasallam tidak pernah meninggalkan do’a ini baik pada waktu pagi dan petang:

اللهم إني أسألك العافية في الدنيا والآخرة اللهم إني أسألك العفو والعافية في ديني ودنياي وأهلي ومالي

(Allahumma inni as-alukal 'afiyah fiddunya wal akhiroh. Allahumma inni as-alukal 'afwa wal 'afiyah fi diniy wa dunyaya wa ahliy wa maliy)

"Ya Allah aku memohon kepada-Mu keselamatan baik di dunia dan akherat, Ya Allah aku memohon kepada-Mu ampunan, juga keselamatan dalam agamaku, duniaku, keluargaku dan hartaku”.

Diriwayatkan oleh Al-Turmudzi di dalam sunannya dari Mu’adz bin Rifa’ah dari bapaknya berkata:

Abu Bakar berdiri di atas mimbar kemudian menangis lalu berkata: Sungguh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam berdiri pada tahun pertama hijrah di atas mimbar kemudian
menangis, dan beliau bersabda: "Mintalah kepada Allah subhanahu wa ta’ala ampunan ('afwa) dan keselamatan ('afiyah), sesungguhnya seseorang tidak diberikan sesuatu setelah keyakinan (iman) yang lebih baik dari keselamatan ('afiyah)”.

Teks doa nya adalah:

"اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ"

Allahumma inni as-alukal 'afwa wal 'afiyah.

Dalam kamus bahasa Arab, kata afiat ('afiyah) diartikan sebagai perlindungan Allah untuk hamba-Nya dari segala macam bencana dan tipu daya.

Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Abi Hurairah radhiyallahu’anhu berkata: Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda, “Tidak ada do’a yang dipanjatkan oleh seorang hamba yang lebih baik dari: اللهم إني أسألك العافية في الدنيا والآخرة “Ya Allah aku memohon kepadamu 'afiyat di dunia dan akherat”. (Ibnu Majah di dalam kitab sunannya no: 3851 di shahihkan oleh Al-Albani rahimhullah di dalam kitab shahih Ibnu Majah no: 3106)

Dalam Bab Doa diantara Adzan dan Iqomat disebutkan:

Anas bin Malik r.a. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Doa diantara adzan dan iqomah tidak akan ditolak". Para sahabat lalu bertanya: Lalu apa yang harus kami ucapkan Ya Rasulullah? Beliau menjawab: SaluLlahal 'afiyah fiddunya wal akhiroh "Mintalah afiyat/keselamatan di dunia dan akhirat". (Sunan At-Tirmidzi 3943. Hasan)