Doa Terbaik yang Diajarkan Nabi SAW





Abdullah bin Umar RA berkata: Rasulullah shalallahu ‘alai wasallam tidak pernah meninggalkan do’a ini baik pada waktu pagi dan petang:

اللهم إني أسألك العافية في الدنيا والآخرة اللهم إني أسألك العفو والعافية في ديني ودنياي وأهلي ومالي

(Allahumma inni as-alukal 'afiyah fiddunya wal akhiroh. Allahumma inni as-alukal 'afwa wal 'afiyah fi diniy wa dunyaya wa ahliy wa maliy)

"Ya Allah aku memohon kepada-Mu keselamatan baik di dunia dan akherat, Ya Allah aku memohon kepada-Mu ampunan, juga keselamatan dalam agamaku, duniaku, keluargaku dan hartaku”.

Diriwayatkan oleh Al-Turmudzi di dalam sunannya dari Mu’adz bin Rifa’ah dari bapaknya berkata:

Abu Bakar berdiri di atas mimbar kemudian menangis lalu berkata: Sungguh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam berdiri pada tahun pertama hijrah di atas mimbar kemudian
menangis, dan beliau bersabda: "Mintalah kepada Allah subhanahu wa ta’ala ampunan ('afwa) dan keselamatan ('afiyah), sesungguhnya seseorang tidak diberikan sesuatu setelah keyakinan (iman) yang lebih baik dari keselamatan ('afiyah)”.

Teks doa nya adalah:

"اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ"

Allahumma inni as-alukal 'afwa wal 'afiyah.

Dalam kamus bahasa Arab, kata afiat ('afiyah) diartikan sebagai perlindungan Allah untuk hamba-Nya dari segala macam bencana dan tipu daya.

Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Abi Hurairah radhiyallahu’anhu berkata: Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda, “Tidak ada do’a yang dipanjatkan oleh seorang hamba yang lebih baik dari: اللهم إني أسألك العافية في الدنيا والآخرة “Ya Allah aku memohon kepadamu 'afiyat di dunia dan akherat”. (Ibnu Majah di dalam kitab sunannya no: 3851 di shahihkan oleh Al-Albani rahimhullah di dalam kitab shahih Ibnu Majah no: 3106)

Dalam Bab Doa diantara Adzan dan Iqomat disebutkan:

Anas bin Malik r.a. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Doa diantara adzan dan iqomah tidak akan ditolak". Para sahabat lalu bertanya: Lalu apa yang harus kami ucapkan Ya Rasulullah? Beliau menjawab: SaluLlahal 'afiyah fiddunya wal akhiroh "Mintalah afiyat/keselamatan di dunia dan akhirat". (Sunan At-Tirmidzi 3943. Hasan)


Silahkan masukkan nomor resi POS anda, kemudian klik search.



Silahkan masukkan nomor resi Tiki anda, kemudian klik search.



Silahkan masukkan nomor resi JNE anda, kemudian klik search.

Bank Muamalat
a/n SAFAAT NURHAYATUDIN
No. ISI DENGAN NO REK