Tingkat Kepercayaan Investor Eropa Untuk Berinvestasi di Indonesia Anjlok



British Chamber of Commrerce (BRITCHAM, Kamar Dagang Inggris) dan European Chamber of Commerce (EUROCHAM, Kamar Dagang Eropa) telah melakukan survei terhadap 170 investor dan pebisnis Eropa untuk periode Nopember 2015 - Januari 2016 setelah diterbitkannya 9 jilid paket kebijakan ekonomi Jokowi yang dimulai September 2015.

Hasil survei menunjukkan tingkat kepercayaan investor dan pebisnis Eropa untuk berinvestasi di Indonesia turun dari 71% di tahun 2014 menjadi 50% (turun 21 %) di periode Nopember 2015 sampai Januari 2016.

Ketua BRITCHAM, Mr. Adrian Short menjelaskan (3/2/16) penyebab anjloknya kepercayaan itu karena kebijakan fiskal dan kondisi politik Indonesia yang kurang mendukung.

Mengenai 9 paket kebijakan pemerintah Jokowi kalangan investor dan pebisnis Eropa "Tidak yakin paket-paket kebijakan ekonomi tersebut akan diterapkan dengan tepat, karena paket-paket kebijakan itu tidak dikonsultasikan secara memadai sebelumnya dengan para investor". Demikian dikutip dariBBC Indonesia.

Sudah waktunya pemerintah bekerja secara berkualitas untuk memperbaiki kondisi ekonomi Indonesia dan tidak mengutamakan jumlah kebijakan untuk memperlihatkan telah bekerja keras.