Penyebab Timbulnya Nyeri Dada Sebelah Kana

Penyebab Timbulnya Nyeri Dada Sebelah KananJika Anda pernah merasakan nyeri dada sebelah kanan, jangan terlalu panik dan takut. Pasalnya ternyata tidak semua penyebab rasa nyeri tersebut adalah gejala atau pertanda yang membahayakan kesehatan Anda. Namun demikian tak bisa dipungkiri bahwa terkadang rasa nyeri yang Anda rasakan di bagian dada tersebut terkadang juga menandakan adanya gangguan serius di tubuh bagian dalam. Bahkan ada juga yang terkadang mengganggap sakit di bagian dada kanan ini sebagai gejala atau pertanda serangan jantung. Padahal secara medis jantung berada di sebelah kiri, bukan di sebelah kanan. Kesimpulan tentang serangan jantung tersebut biasanya diambil karena rasa nyeri di dada kanan ini terkadang memang muncul secara tiba-tiba dan bahkan bisa menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan dalam waktu yang cukup lama. Lalu sebenarnya apa saja penyebab nyeri dada sebelah kanan atas dan apa bedanya dengan serangan jantung? Selengkapnya akan kami ulas pada pembahasan selanjutnya.

Perbedaan Nyeri Dada Sebelah Kanan dan Serangan Jantung

Bagi Anda yang curiga atau merasa takut bahwa nyeri yang Anda rasakan tersebut adalah gejala sakit jantung atau bukan, ada beberapa tanda atau gejala yang harus Anda ketahui untuk membedakan gejala-gejala tersebut. Secara umum, sakit jantung atau serangan jantung ini sebenarnya bisa dengan mudah dikenali tanpa harus ada diagnosa secara medis. Akan tetapi ternyata nyeri dada bukan berarti pertanda Anda terkena sakit jantung. Terkadang nyeri dada tersebut juga bisa menandakan penyakit lain, misalnya asma, pneumonothorax, dan sebagainya.
Nah, sebelumnya Anda perlu mengetahui apa gejala khas dari serangan jantung yang membedakan dengan nyeri dada biasa di sebelah kanan atau sebelah kiri. Untuk penyakit jantung sendiri, biasanya dada akan terasa berat dan membuat Anda akan sangat sulit untuk bernapas. Dada Anda serasa berat ketika menarik napas dan seolah diikat oleh tali yang sangat kencang di bagian dada. Perut terasa mual, muncul perasaan cemas dan biasanya tubuh Anda akan bereaksi dengan mengeluarkan keringat.
Bukan hanya di bagian dada saja, akan tetapi jika nyeri dada Anda tersebut diakibatkan karena serangan jantung, biasanya nyeri akan menjalar ke bagian leher, lengan kiri, rahang, belakang perut, hingga terasa di salah satu bahu Anda. Jadi gejalanya nyerinya tidak hanya Anda rasakan pada satu tempat saja. Selain itu jika Anda bisa merasakannya, jantung Anda pun akan berdenyut lebih cepat dari biasanya. Dan dalam waktu yang bersamaan, serangan jantung bisa membuat tubuh Anda merasa sangat lemas. Kondisi seperti itu biasanya dialami oleh penderita sakit jantung setelah berolahraga, ketika tidak beraktivitas, setelah makan besar, atau ketika Anda sedang mengalami stres. Nah, lalu apa saja penyebab dan gejala nyeri dada sebelah kanan atas? Simak informasinya berikut ini.

Berbagai Penyebab Gejala Nyeri Dada di Bagian Kanan

Setelah Anda mengetahui bagaimana gejala bahwa nyeri dada tersebut adalah pertanda Anda terkena serangan jantung, sekarang kami akan membahas mengenai beberapa penyebab rasa nyeri yang biasa terjadi di bagian dada sebelah kanan. Banyak sekali penyebab atau akibat yang bisa membuat Anda merasakan nyeri tersebut, misalnya karena aktivitas fisik yang terlalu berlebihan, kontak fisik, bahkan infeksi virus. So, untuk lebih lengkapnya silahkan simak penjelasan berikut ini.

1. Radang selaput Perut

Radang selaput perut atau yang juga disebut dengan gastritis bisa membuat Anda merasakan nyeri dada sebelah kanan atas. Kondisi seperti ini biasanya akan Anda rasakan setelah Anda berpuasa seharian atau setelah Anda mengonsumsi alkohol dalam porsi yang terlalu banyak. Rasa sakit pada perut yang Anda rasakan juga bisa memicu nyeri dada sebelah kanan.
Meskipun nyeri dada sebelah kanan bukanlah gejala serangan jantung, tetapi tetap harus diwaspadai karena bisa jadi itu merupakan gejala awal suatu penyakit yang bila tidak segera dicegah akan sulit disembuhkan. 

2. Gangguan Kandung Empedu

Penyebab lain yang bisa membuat Anda merasakan nyeri dada di bagian kanan adalah karena gangguan pada kandung empedu Anda. Gangguan tersebut biasanya terjadi karena Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak atau ketika batu empedu tertahan di saluran empedu. Nah, gangguan tersebut bisa menyebabkan rasa nyeri dada sebelah kanan yang cukup mengganggu. Jadi sebaiknya Anda segera periksakan kondisi kesehatan Adna ke dokter.

3. Pleura yang Meradang

Pleura adalah sebuah jaringan yang letaknya mengelilingi paru-paru. Nah, jika bagian tersebut mengalami gangguan dan menyebabkan peradangan pada jaringan pleura tersebut, terkadang Anda akan merasakan nyeri pada bagian dada kanan Anda. Kondisi atau rasa nyeri ini biasanya akan Anda rasakan ketika Anda batuk atau ketika sedang menarik napas.

4. Infeksi Virus

Rasa nyeri dada sebelah kanan bisa saja diakibatkan oleh adanya virus yang menginfeksi tubuh Anda. Misalkan saja beberapa jenis virus yang mengakibatkan pilek atau flu. Nah, virus tersebut juga terkadang bisa menimbulkan rasa sakit di bagian dada. Bahkan Anda juga bisa merasakan sakit ketika Anda sedang batuk atau sedang bernapas. Dengan demikian, yang haru Anda sembuhkan adalah pilek atau flu yang Anda alami.

5. Gangguan Saluran Pencernaan

Masalah kelima yang biasanya juga mengakibatkan nyeri dada sebelah kanan atas adalah karena terjadinya gangguan pencernaan di dalam tubuh Anda. Ketika di dalam tubuh Anda saluran pencernaan sedang terganggu, maka sering melibatkan kerongkongan dan pengetatan pada dada.

6. Cedera

Bagi Anda para atlet, mungkin Anda juga sering mengalami rasa nyeri pada bagian dada sebelah kanan atau kiri. Jika Anda tidak punya riwayat penyakit jantung, rasa nyeri tersebut bisa terjadi karena cedera. Mungkin karena terjatuh, karena benturan dengan atlet lain, atau kecelakaan lain yang terjadi di lapangan.

7. Kelelahan

Nyeri dada sebelah kanan juga bisa terjadi karena Anda terlalu lelah melakukan aktivitas atau kegiatan seharian. Aktivitas yang Anda lakukan mungkin menuntut Anda untuk menggunakan otot dada. Maka dari itu jika Anda terlalu lelah, ada kemungkinan Anda merasakan nyeri atau sakit di bagian dada. Apalagi jika Anda melakukan gerakan-gerakan yang salah.

8. Peradangan pada Hati

Penyakit radang hati juga bisa mengakibatkan munculnya nyeri atau rasa sakit di beberapa bagian tubuh tertentu. Rasa sakit tersebut bisa muncul di bagian baju kanan, bahkan bisa Anda rasakan di dada sebelah kanan. Hal ini biasanya terjadi karena adanya peradangan pada hati, oleh karena itu sudah seharusnya Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.
Itu tadi adalah delapan penyebab nyeri dada sebelah kanan yang sering dialami oleh seseorang. Bahkan posisi tidur yang salah pun juga bisa membuat dada kanan Anda terasa sakit. Selain itu Anda juga sekarang sudah lebih paham bagaimana ciri atau gejala nyeri yang menjadi pertanda serangan jantung sehingga Anda bisa membedakan antara sakit jantung dengan gejala nyeri yang lainnya. Demikian artikel singkat dari kami kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda.
sumber :dedaunan.com

0 Response to "Penyebab Timbulnya Nyeri Dada Sebelah Kana"

Post a Comment