Manfaat Makanan yang mengandung serat

  • Memperlancar pup. Makanan kaya serat dapat meningkatkan berat dan ukuran feses sekaligus melunakannya. Feses atau kotoran yang besar dan lunak relatif lebih mudah bergerak di dalam usus dan mencegah keluhan susah buang air besar. Makanan berserat juga bermanfaat buat mereka yang fesesnya terlalu encer. Serat yang terdapat dalam makanan dapat membantu menyerap cairan yang berlebihan pada kotoran sehingga menjadi relatif lebih padat.
  • Menyehatkan pencernaan. Makanan berserat dapat menurunkan risiko pembentukan ambeien atau hemoroid. Makanan berserat mengalami fermentasi di dalam usus besar sehingga menurunkan risiko gangguan pencernaan.
  • Menurunkan kadar kolesterol. Serat yang larut dalam air seperti pada kacang kacangan dan padi padian dapat menurunkan kadar kolesterol LDL yang dikenal dengan istilah kolesterol jahat. Beberapa studi juga mencatat, makanan berserat bermanfaat untuk kesehatan jantung dengan cara menurunkan tekanan darah dan proses inflamasi pada jantung.
  • Menjaga kadar gula darah. Pada orang yang menderita diabetes, serat terutama serat larut air dapat memperlambat penyerapan gula pada usus sehingga kadar gula darah tidak cepat naik. Makanan sehat seperti makanan yang kaya serat juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2.
  • Membantu menjaga berat badan tetap sehat. Makanan kaya serat cenderung membuat seseorang lebih cepat kenyang. Kondisi ini menyebabkan kita mengonsumsi makanan yang lebih sedikit tetapi rasa kenyang yang dihasilkan bisa lebih lama.
sumber : blogdokter.net