Khalifah Umar Saat Dikritik Tak Pernah Bilang 'Kamu Belum Move On'


Sepanjang saya mengikuti kisah khalifah Umar bin Khattab dan juga pemimpin besar lainnya,
Ketika mendapat kritikan akibat ketidakpuasan rakyatnya tidak pernah beliau menjawab:

"Kamu belum move on"

"Kamu sudah berbuat apa untuk bangsa ini?"


"Pemerintah itu sudah maksimal"


"Kalau gak suka, angkat kaki saja dari negara ini"


Khalifah Umar yang terkenal gagah perkasa dan ditakuti ini malah sedih kalau tak ada lagi rakyatnya yang berani kritik atas kepemimpinannya.

Alkisah, dalam suatu kesempatan, seorang sahabat, Khudzaifah bin Al Yaman mendatangi Khalifah Umar bin Khattab. Ia mendapati Umar dengan raut muka yang muram, penuh kesedihan. Ia bertanya, “Apa yang sedang engkau pikirkan wahai Amirul Mukminin?”

Jawaban Umar sama sekali tak terduga oleh Khudzaifah. Kesedihan dan kegalauan hatinya, bukan karena banyaknya masalah rakyat yang sudah pasti membuatnya letih.

Kali ini Umar justru tengah khawatir memikirkan kondisi dirinya sendiri. “Aku sedang dihinggapi ketakutan, jika sekiranya aku melakukan kemungkaran, lalu tidak ada orang yang mengingatkan dan melarangku melakukanya, karena segan dan rasa hormatnya padaku,” ujar Umar pelan.

Sahabat Khudzaifah segera menjawab, “Demi Allah, jika aku melihatmu keluar dari kebenaran, aku pasti akan mencegahmu.” Seketika itu, Wajah Umar bin Khattab langsung berubah ceria.

Khalifah Umar juga pernah ditegur dihadapan umum oleh seorang wanita karena membatasi mahar tidak boleh lebih dari 12 uqiyah atau setara 50 dirham.

Khalifah Umar menyadari kekhilafannya, kemudian dengan tanpa merasa malu, ia membenarkan ucapan wanita itu dan mengakui kesalahannya. “Wanita ini benar dan Umar salah,” ucapnya di depan banyak orang.

(Taufiq Yuniarto)

0 Response to "Khalifah Umar Saat Dikritik Tak Pernah Bilang 'Kamu Belum Move On' "

Post a Comment